CUKUP Berkumur, AptameX, Alat Tes Covid-19 yang Dijanjikan Lebih Murah dan Tanpa Sakit:10 Juta Kit

CUKUP Berkumur, AptameX, Alat Tes Covid-19 yang Dijanjikan Lebih Murah dan Tanpa Sakit:10 Juta Kit

SRIPOKU.COM, JAKARTA–Masa pandemi yang berjalan hampir selama dua tahun membuat ada beberapa kebutuhan baru yang tercipta, misalnya melakukan pemeriksaan Covid-19. Maklum saja, seseorang terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala apapun dan malah menjadi pembawa virus. Hal ini tentunya amat membahayakan bagi lingkungan sekitarnya yang lebih rentan. Sayangnya, pemeriksaan antigen maupun PCR masih tergolong mahal dan memberatkan dari segi ekonomi.

Harganya yang berkisar ratusan ribu jelas menjadi kendala bagi masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah. Padahal, banyak yang masih harus melakukan aktivitas luar rumah atau berinteraksi dengan orang lain demi pekerjaan. Akibatnya, orang jarang bersedia melakukan pemeriksaan karena merasa dananya lebih baik dipakai untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Hal ini juga diungkapkan oleh Wanda Hamidah, politikus, aktivis sekaligus artis. “Harga PCR masih amat tinggi padahal tes adalah hal utama, nyatanya tidak mudah dilakukan, jarang orang mau tes karena harganya mahal,” terangnya.

Ia sendiri merasakan tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tes Covid-19 karena berbagai alasan. Pertama, Wanda sesekali masih harus berinteraksi dengan orang lain untuk bekerja di luar rumah. Kedua, ia mempekerjaka Asistem Rumah Tangga (ART) yang pulang pergi sehingga penting untuk memastikan kesehatannya. Terlebih lagi, wanita berusia 43 tahun ini tinggal bersama orangtua dan anaknya yang lebih rentan terinfeksi virus.

Banyak masyarakat Indonesia enggan melakukan tes Covid-19 karena dua alasan utama yakni harganya mahal dan metode pemeriksaan yang dianggap menyakitkan. Swab antigen dilakukan dengan memasukkan alat khusus untuk mengambil sampel lendir ke bagian dalam hidung. Sedangkan PCR dilakukan dengan sampel dari dalam tenggorokan seseorang.

Banyak yang mengaku kesakitan ketika menjalani pemeriksaan sehingga kapok melakukannya. Menyadari fakta ini, PT Achiko Medika Indonesia, perusahaan industri kesehatan bekerja sama dengan PT Indofarma Tbk, salah satu BUMN Farmasi.

Keduanya menghadirkan produk tes rapid diagnostik Covid-19 berbasis saliva. Alat yang dinamakan AptameX Covid-19 DNA Aptamer Gold Nanoparticle Test Kit ini diklaim lebih praktis, nyaman, dan terjangkau secara biaya. Hasilnya dikatakan lebih cepat dengan akurasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Windiaprana Ramelan, Senior VP Operations Asia, Achiko AG menyebutkan, alat ini akan dibandrol dengan harga Rp50.000 per unit. Angka ini jelas jauh lebih murah dibandingkan harga tes swab antigen maupun PCR saat ini.

“Produk kami akan siap bagi masyarakat Indonesia pada kuartal IV tahun ini. Dengan harga di bawah Rp. 50.000, yang akan menjadi semakin ekonomis seiring waktu.

AptameX sangat mudah digunakan di mana kami akan bekerja sama dengan klinik dan rumah sakit dalam penggunaan produk ini,” jelasnya dalam rilis virtual pada Kamis (26/08/2021).

Produk AptameX juga telah memperoleh izin edar yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan Nomor Izin Edar AKD 20303121654 pada 13 Agustus 2021. Setelah mengantongi izin edar, akan dilakukan proses pengujian selama dua bulan sebelum memulai produksinya. Tahap pertama, alat ini akan diproduksi hingga 10.000.000 test kit dalam satu tahun yang dimulai pada September 2021.

AptameX bekerja dengan mendeteksi lonjakan protein S1 pada permukaan virus SARS CoV 2 dalam sampel air liur. Konsumen bisa melakukan pemeriksaan Covid-19 dengan mudah dan bebas rasa sakit, hal yang selama ini ditakutkan banyak orang.

Caranya dengan melakukan kumur dengan cairan yang disediakan di dalam kemasan produk ini. Sampel saliva yang ada di dalam hasil cairan kumur tadi akan diperiksa di laboratorium dengan hasil muncul dalam hitungan menit. Direktur Utama PT. Indofarma Tbk, Arief Pramuhanto mengatakan AptameX menjadi inovasi untuk alat tes yang terjangkau bagi semua kalangan.

“Akses terhadap pengujian yang andal dan terjangkau akan memungkinkan kita semua untuk menjalani kembali kehidupan yang normal dan pada saat bersamaan kita berupaya mengendalikan penyebaran Covid-19,” terangnya.



Artikel ini telah tayang di Sripoku.com dengan judul CUKUP Berkumur, AptameX, Alat Tes Covid-19 yang Dijanjikan Lebih Murah dan Tanpa Sakit:10 Juta Kit, https://palembang.tribunnews.com/2021/08/31/cukup-berkumur-aptamex-alat-tes-covid-19-yang-dijanjikan-lebih-murah-dan-tanpa-sakit10-juta-kit.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *